Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
H.M. YUNUS, S.Pd., M.Si


Profil Dinas


Link Terkait


Statistik Pengunjung


Aktif: 1 Org
Hari ini: 10.785 Org
Minggu ini: 10.785 Org
Bulan ini: 10.785 Org
Tahun ini: 10.785 Org




Tujuan



1. Meningkatkan mutu pelayanan pendidikan yang terakses secara merata dan terjangkau: Dinas Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan sehingga dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat dengan cara yang merata dan terjangkau.

2. Mewujudkan wajib belajar pendidikan  9 tahun: Dinas Pendidikan berkomitmen untuk mewujudkan kebijakan wajib belajar selama 9 tahun.

3. Meningkatkan sarana dan prasarana sesuai standar nasional pendidikan: Dinas Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan sarana dan prasarana di lembaga pendidikan agar sesuai dengan standar nasional pendidikan, sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan optimal.

4. Meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan: Dinas Pendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan profesionalisme para pendidik dan tenaga kependidikan melalui pelatihan, pengembangan kompetensi, serta pengakuan terhadap kinerja yang baik. Hal ini bertujuan untuk memastikan adanya tenaga pendidik yang berkualitas dalam memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik.

5. Menuntaskan buta aksara: Dinas Pendidikan berupaya untuk mengatasi masalah buta aksara dengan memberikan program pendidikan dan literasi kepada masyarakat yang belum melek huruf. Tujuannya adalah untuk meningkatkan tingkat literasi dan mengurangi angka buta aksara di wilayah tersebut.

6. Mewujudkan pelestarian, perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya, seni budaya, dan bahasa daerah: Dinas Pendidikan memiliki tujuan untuk melestarikan, melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan warisan budaya, seni budaya, serta bahasa daerah sebagai identitas dan kekayaan budaya yang perlu dilestarikan dan dikembangkan dalam konteks pendidikan.